Latest News

Witri Prasetyo Aji

Witri Prasetyo Aji

KETIKA BATIK...

KETIKA BATIK...

Gambar diambil dari Google


Kain batik, siapa yang tak mengenal kain batik. Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Tapi jangan salah, zaman sekarang banyak batik cap, batik kombinasi dan tekstil motif batik atau sering disebut batik modern, batik lukis,  nggak Cuma batik tulis. Batik tulis memang cenderung lebih mahal dari batik modern, mungkin karena produksi batik tulis yang lama dan kualitasnya juga bagus.


Sejak 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan batik Indonesia sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, atau disebut Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Di Indonesia, banyak sekali macam-macam batik. Dari macam-macam batik berdasarkan daerah asal sampai macam-macam batik berdasarkan corak.
A.     Macam-macam batik berdasarkan daerah asal :
1.      Batik Bali
2.      Batik Banyumas
3.      Batik Besurek
4.      Batik Madura
5.      Batik Malang
6.      Batik Pekalongan
7.      Batik Solo
8.      Batik Yogyakarta
9.      Batik Tasik
10. Batik Aceh
11. Batik Cirebon
12. Batik Jombang
13. Batik Banten
14. Batik Tulungagung
15. Batik Kediri
16. Batik Kudus
17. Batik Jepara/Batik Kartini
18. Batik Brebes
19. Batik Minangkabau
20. Batik Minahasa
21. Batik Belanda
22. Batik Jepang
B.      Macam-macam batik berdasarkan corak :
1.      Batik Keraton
2.      Batik Sudagaran
3.      Batik Cuwiri
4.      Batik Petani
5.      Batik Tambal
6.      Batik Sida Mukti
7.      Batik Sekar Jagad
8.      Batik Pringgodani
9.      Batik Kawung
10. Batik Sida Luhur
11. Batik Sida Asih
12. Batik Semen Rama

Nah, itu semua adalah macam-macam batik yang ada di Indonesia. Buat teman-teman yang suka travelling, wajib tuh beli oleh-oleh batik. Hehehe.

Batik sekarang sudah menjadi trend, loh. Batik nggak Cuma dipakai sewaktu pergi ke acara resmi (formal) saja, tapi batik juga bisa dipakai menjadi OOTD (Outfit Of The Day).

Jalan-jalan pakai batik? Why not? Nggak dosa, nggak kuper dan nggak aneh, kok. Malah jadi trend kekinian, hehehe. Bahkan banyak juga loh yaaa, baju santai yang bermotif bati ksampai piyama bermotif batik.

Sementara bagi saya, pakai batik nggak Cuma kalau ke kondangan atau kalau lagi kerja saja. Di rumah, ada tuh beberapa baju santai motif batik. Jalan-jalan, seringlah pakai batik, hehehe.

Sekarang ini, beli kain batik itu mudah kog, bisa didapat di mana aja dengan harga yang nggak mahal-mahal amat. Kain batik juga bida dibuat baju trend sesuai selera. Jadi, pakai kain batik nggak harus model yang formal, bisa juga dibuat sesuai selera.

Saya, sewaktu jalan-jalan atau piknik, nggak lupa loh beli oleh-oleh batik. Kenapa? Karena berbeda tempat, berbeda pula motif batiknya. Dan dari sekian banyak baju batik yang saya punya, saya selalu punya OOTD baju batik ala saya, hehehe.

Batik itu keren, batik itu trend, dan batik itu adalah cerita perjalanan. So, yuk budayakan pakai baju batik. 

Dan di bawah ini, adalah hari saya bersama batik...

Rok oleh-oleh dari Malioboro
Ini waktu mau ke pengajian. Roknya ini dibeli waktu jalan-jalan ke Malioboro.

Rok Oleh-oleh dari Borobudur
Ini juga mau ke pengajian. Roknya dibeli waktu jalan-jalan ke Borobudur, Belinya di Pasar Borobudur.

Parangtritis pakai batik
Ini waktu touring kampus ke Pantai Parangtritis. Sama kayak di atas, rok batiknya dibeli di Pasar Borobudur waktu jalan-jalan ke Borobudur.

Ke kampus pakai batik
Kalau rok yang in itu, sengaja bikin. Modelnya buat sendiri, loh. Sama kayak yang di bawah ini, sengaja bikin dengan model ala sendiri.

Umbul Tlatar pakai batik


Batik dengan model ala saya


OOTD Ala saya
OOTD yaaa, ini baju dibeli waktu tokonya teman mau ditutup. Diskon gede-gedean. Hehehe.

Nah, ini semua adalah kisah saya dengan batik. Batik yang saya beli waktu jalan-jalan dan batik yang saya pakai OOTD... Kalau dengan teman-teman, bagaimana?



11 Responses to "KETIKA BATIK..."

  1. http://rockthestock.biz/forex-unicator-system-review/

    Binary option trading is simple and straightforward as compared to traditional trading methods. This method facilitates trading of a wide variety of assets, providing the traders with high rewards in lesser time and lower risk when compared with other trading options. This framework is most suited to investors who are new in the market and are unfamiliar with trading environments.

    http://binarymetabot.com/forex-unicator-review/

    ReplyDelete
  2. Liberty Generator

    With all the preservatives in food these days, it seems that more and more people are taking up an interest home canning their own food. There are several things that a person needs to keep in mind if they plan on processing canned food for the family.

    http://rockthestock.biz/liberty-generator-plans-review/

    ReplyDelete
  3. Batik jember juga ada lhoh mbak. Heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mana-mana, kasih fotonyaaa :)
      Aku dikirimi juga mau, heheheh :)

      Delete
  4. Pakai batik bisa juga buat seru2an :)

    Good luck :D

    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget,,, :)

      Salam kenal juga, Mbak :)

      Delete
  5. Wah itu kenapa ada yang mukanya ditutupin ahaha

    ReplyDelete
  6. unyu juga ya jalan-jalan pakai batik, dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, jalan-jalan pakai batik
      Biar kelihatan kekinian gitu :))
      Kan cinta produk Indonesia :))

      Delete
  7. Tertarik untuk mempelajari cara membuat batik tulis, cara membuat batik cap, serta teknik pewarnaan batik?.. Anda bisa memesan paket cd belajar membatik di Fitinline..

    ReplyDelete