Latest News

Witri Prasetyo Aji

Witri Prasetyo Aji

MENGENAL LEBIH DEKAT KOTA CIREBON

MENGENAL LEBIH DEKAT KOTA CIREBON

Pusat Kota Cirebon
Sumber Gambar : Google (Wikipedia Cirebon)


Hmm, bicara tentang luar kota, bicara tentang piknik dan bicara tentang mengenal lebih jauh Indonesia. Iya, sebenernya bulan Desember bakalan ada 2 acara jelong-jelong gretong, tapi ogah. Kenapa? Karena sendirian, aku kan sekarang pengennya jelong-jelong bareng anak dan suami gitu. Aku kan sekarang bukan lajang lagi, hehehe.


Dan ngomong-ngomong soal Indonesia, aku dan suami itu pengen banget keliling Indonesia. Ajak anak pula. Minta doanya, semoga dikasih rejeki. Aamiin.

Salah satu kota yang pengen aku kunjungi itu... Cirebon? Kenapa? Karena Cirebon itu kota yang unik. Unik dari segi budaya dan kulinernya. Pokoknya, Cirebon itu beda.

"Eh, emang punya saudara di sana?"
Hmm, aku nggak punya saudara di Cirebon, hehehe. Jadi, kalau ke Cirebon yaaa terpaksa nginep di hotel. Dan aku nggak bakalan galau milih hotel, karena aku tahu kalau di Cirebon itu ada Aston Cirebon Hotel dan Convention Center.

Aston Cirebon Hotel
Sumber Gambar : https://www.aston-international.com/ind/hotel-detail/84/aston-cirebon-hotel-convention-center


Yups, Aston Cirebon Hotel dan Convention Center. Hotel ini dalah hotel bintang 4 kontemporer sebagai hotel bisnis dan konvensi. Memiliki lokasi sangat strategis dengan akses mudah dari jalan tol. Hanya dengan 11 menit berkendara dari stasiun kereta api, dan 5 menit dari pusat perbelanjaan terbesar di Cirebon. Layanan penjemputan dan pengantaran GRATIS tersedia dari stasiun ke hotel. Wuih, enak banget kan? Hotel ini menawarkan 200 kamar, 8 ruang pertemuan fungsional dan modern, dan ballroom terbesar di Cirebon dengan kapasitas hingga 2.600 tamu. Aston Cirebon adalah hotel yang memiliki banyak fasilitas untuk memenuhi kebutuhan baik tamu dari dalam dan luar negeri dan merupakan hotel dengan fasilitas terlengkap dan menyenangkan seperti coffee shop, poolside cafe, bar & lounge dengan musik yang indah dan menyenangkan, restoran Jepang, golf virtual, mini golf, trek sepeda, pelayanan spa yang lengkap, dan dilengkapi dengan pusat kebugaran dan kolam renang.

Dan selain itu, di Aston Cirebon Hotel itu ada area wifi di semua penjuru, termasuk kamar. So, buat netizen dan blogger kayak aku ini, bakalan mudah banget upload foto selfie atau berbagi informasi seputar Cirebon.

Hmm, nyangkut tentang wifi, pasti nyambungnya ke smartphone, kan? Kan tempat nginepnya udah oke, gimana sama smartphonenya? Smartphonenya pasti juga harus oke, kan? Ya oke dong, kan smartphonenya Smartfren 4G LTE. Jadi, bisa selfie-selfien, bisa aktif di medsos meski jelong-jelong, bisa juga ngeblongnya.

Selain itu yaaa, jalan-jalan bawa Smartfren 4G LTE emang wajib kog. Iya, wajib banget malahan. Kenapa? Karena selain bisa buat selfie-selfien dan aktif di medsos, bawa Smartfren 4G LTE bisa juga buat cari informasi tentang Cirebon. Seperti contohnya yaaa, mau menikmati kuliner khas Cirebon, apa dan di mana? Letaknya nggak tahu, buka google map dan pakai ajah aplikasi GPS. So, jalan-jalan ke Cirebon nggak usa sewa pemandu wisata dan nggak usah takut nyasar gitu, secara aku kan buta tentang Cirebon. Dan biar nggak buta, hayuk jalan-jalan keliling Cirebon.

Hmm. Ngomongin jalan-jalan ke Cirebon. Apa yang menarik dari Cirebon? Oke dech, langsung capcus.
1. Wisata Cirebon
- Wanawisata Ciwaringin



Wisata ini berada di Desa Ciwaringin. Di sini kita bisa berjalan kaki menikmati pemandangan wanawisata. Dan seperti kota lain, di sini bisa juga ditemui  pepohonan rindang terutama pohon kayu putih. Selain itu, buat yang suka mancing, di sini juga ada Danaunya loh, Jadi, kita bisa membawa pulang ikan segar hasil memancing sendiri tentu akan menyenangkan. Dan ada satu lagi yang menarik di sini, terdapat arena motor cross yang pada saat tertentu digunakan untuk pertandingan balap. Wuih, keren banget, kan? Cocok nih kalau aku berkunjung ke sini bersama anak dan suami. Heheheh.

- Desa Wisata Cikahalang



Nah, di tempat ini adalah surganya para pemancing dan para penikmat kuliner. Di sini, banyak sekali tempat makan dengan menu ikan bakar istimewa. Ih, hmm kayaknya sedap betul dan saya jadi ngiler, nih. Hehehe. Ngebayangin ajah, nikmatnya makan ikan bakar, terus ikannya itu hasil dari kita mancing. Wuih...

- Taman Ade Irma Suryani Nasution



Ngomongin tentang taman, cocok nih tempat buat rekreasi keluarga. Apalagi kalau menjelang sore gitu. Apalagi Taman Ade Irma Nasution itu adalah tempat wisata terbesar di kota Cirebon, bisa dibayangkan bagaimana ramenya, kan? Konon katanya, aman ini bernama Traffic Garden Cirebon dan menjadi tempat wisata di Cirebon yang paling banyak dikunjungi. Pada tahun 1966, taman ini berubah nama menjadi Taman Ade Irma Nasution.

- Keraton Kasepuhan



Wah, kalau ini menyangkut wisata budaya dan sejarah. Jadi, kalau ke Cirebon dan katanya mau kenal lebih jauh tentang Indonesia, yaaa wajiblah datang ke sini. Keraton Kasepuhan ini merupakan keraton kesultanan pertama di Cirebon yang dibangun oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II pada tahun 1529. Selain sebagai keraton tertua di Cirebon, keraton ini juga menjadi yang termegah dan paling terawat di kota ini. Keraton dikelilingi oleh tembok bata berwarna merah. Sedangkan bangunan utamanya berwarna putih yang di dalamnya terdapat singgasana sultan dan ruang tidur. Selain itu, di Keraton Kasepuhan, kita juga bisa melihat-lihat  benda-benda pusaka milik sultan dahulu dan juga sebuah Kereta Singa yang hanya dikeluarkan setiap tanggal 1 Syawal Hijriyah untuk dimandikan. Weeehhh, menarik, bukan?

- Keraton Kanoman



Di Cirebon, selain ada Keraton Kasepuhan, ada juga Keraton Kanoman. Dan keraton ini juga wajib dikunjungi kalau ke Cirebon. Apalagi letaknya nggak jauh dari Keraton Kasepuhan, hmmm cuma sekitar 600 meter ajah, jadi sayang kan kalau ke Cirebon nggak mampir sini? Dan dari Keraton Kasepuhan ke Keraton Kanoman yaaa, kita bakalan kan melewati pasar tradisional yang menjual berbagai macam suvenir khas Cirebon sehingga bisa memudahkan Anda untuk membeli oleh-oleh. Hmm, sambil menyelam minum air. Hehehe
Oh yaa, Keraton Kanoman ini dibangun oleh Sultan Badaruddin pada tahun 1588 karena terjadi perselisihan tentang siapa pewaris keraton. Di sini, ada museum yang di dalamnya terdapat banyak benda peninggalan bersejarah seperti piring-piring antik dari Eropa yang merupakan koleksi sultan dahulu. Selain itu, keraton ini masih menjadi tempat tinggal keturunan ke-12 kesultanan yaitu Raja Muhammad Emiruddin dan keluarganya.

- Taman Sari Gua Sunyaragi



Tempat wisata ini berada di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi. Nama taman ini berasal dari dua kata bahasa Sansekerta yaitu ‘sunya’ yang berarti sepi dan ‘ragi’ yang berarti raga. Lokasi ini dahulu memang digunakan oleh raja dan keluarganya sebagai tempat mencari ketenangan.
Ada dua bangunan utama yaitu pesanggrahan dan gua. Di dalam pesanggrahan terdapat beberapa ruangan seperti ruang tidur dan ruang rias. Yang menarik adalah bangunan gua yang dari luar terlihat seperti candi. Bagian dalamnya menyerupai gua karena ada banyak lorong dan berbentuk mirip labirin. Selain rindangnya pepohonan untuk beristirahat, di sekitar tempat wisata ini terdapat banyak saung kecil yang menjual makanan dan suvenir khas Cirebon.

- Masjid Agung Sang Cipta Rasa



Hmm, bicara tentang jalan-jalan, serunya menikmati wisata kuliner dan asyiknya berbelanja, tapi jangan lupa sama Sang Pencipta. Beribah sekaligus menikmati wisata Masjid Agung Sang Pencipta Rasa atau Masjid Agung Kasepuhan karena lokasinya yang berdekatan dengan Keraton Kasepuhan.Di halaman masjid terdapat sumber yang disebut memiliki sumber yang sama dengan sumur air zam-zam di Mekkah. Air dari sumur ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit jika diminum dan dipakai membasuh wajah.
Yang unik dari Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah pintu masuk yang dibuat tidak tinggi sehingga setiap orang yang masuk harus merundukkan tubuhnya. Hal ini sebagai tanda penghormatan dan kesopanan ketika masuk ke rumah ibadah.

- Kampung Batik Trusmi



Nah, kalau ini mah favorit aku banget. Batik. Ihirrr. Di Cirebon juga punya kampung batik. Kegiatan belanja suvenir khas suatu daerah susah dipisahkan dari kegiatan wisata. Jika ingin berbelanja batik khas Cirebon sebagai oleh-oleh, yaa di sinilah tempatnya.

Nah, itu cuma sebagian tempat wisata di Cirebon loh. Masih ada lagi seperti danau buatan Situ Sedong atau Banyu Panas Palimanan.

2. Wisata Kuliner
Di Cirebon nggak cuma terkenal tentang Aston Cirebon Hotel saja atau tentang tempat wisatanya. Tapi, Cirebon juga punya wisata kuliner yang bakal mengguncang lidah dan tidak bisa aku temui di kota tercinta Boyolali. Heheh.

Hmm, ngomong-ngomong, Cirebon punya wisata kuliner apa aja, sih?
- Teh Poci



Sebenernya aku bukan penikmat teh, karena aku adalah pecinta kopi. Tapi bukan berarti no teh loh, yaaa. Aku mau kog minum teh. Dan tergoda sama teh poci ini. 
Teh Poci mulai naik kasta setelah ada lagu yang membahas tentang teh poci ini. Seperti rasa dari teh yang lainnya, rasa dari teh Poci ini juga hampir sama dengan teh yang lainnya. Teh hijau melati biasanya sebagai bahan dasar dari teh poci ini dan minuman ini merupakan minuman khas Kota Cirebon.

- Kerupuk Melarat



Waduh, namanya mainstream banget yaaa? Tapi, enak loh rasanya. Apalagi anak lanangku dan suamiku itu sukaaa banget sama yang namanya kerupuk.
Kerupuk melarat ini beragram warna, loh. Biasanya wisata kuliner di cirebon kerupuk melarat ini cocok di sajikan dengan sambal yang rasanya asam.

- Docang



Hmm, di tempatku nggak ada tuh makanan ini. Makanan yang satu ini adalah makanan yang terdiri dari daun singkong, lontong, kerupuk, taoge dan tempe gembos. Tentu saja wisata kuliner kota cCrebon yang satu ini harus di berikan parutan kelapa muda di atasnya. Biasanya kuliner di Cirebon Docang ini di sajikan pada pagi hari atau lebih tepatnya sebagai makanan untuk sarapan.

- Bubur Sop



Hmm, bubur itu makanan kesukaan anak aku, loh. Bubur sop ini yang tentunya bubur ini hampir sama dengan bubur yang kebanyakan kita temui. Dengan berisikan tauco, daun bawang, kol, ayam suwir dan juga kerupuk membuat wisata kuliner di Cirebon ini tampak lebih gurih.
Wisata kuliner kota Cirebon yang satu ini juga sering di sebut oleh kebanyakan orang merupakan makanakan kombinasi antara sayur sop dan juga bubur ayam. Pada malam hari biasanya bubur sop ini di jual. Hmm, malam-malam menikmati bubur sop, sudah pastilah nikmat rasanya.

Nah, itu hanya sebagian wisata kuliner Cirebon. Masih ada lagi, seperti sate kalong, mie kocok, tahu gejrot, empal gentong, nasi lengko dan nasi jamblang. 

Sementara sudah menikmati wisatanya Cirebon, pasti nanya tentang angkutannya, kan? Yang jelas, rugi aja kalau keliling Cirebon pakai kendaran pribadi, kurang ngena. Lebih afdolnya lagi, keliling Cirebon naik angkutan umum. Yaaa, agar tahu juga tentang lalu lintas Cirebon.

Nah, itu adalah sedikit cerita tentang Cirebon yang sedang menuju Smart City. Wisata yang pengen aku kunjungi suatu saat nanti dan makanan yang pengen aku coba kalau ke Cirebon. Oh ya satu lagi, karena aku suka ngeblog, kalau ke Cirebon bolehlah kopi darat sama Blogger Cirebon. Selain menambah teman, kan bisa tuh saling bertukar cerita. Hehehe.

Oke, selamat ulang tahun kota Cirebon. Makin jaya selalu dan semoga Cirebon Menjadi Smart City.***



Referensi :
https://www.aston-international.com/ind/hotel-detail/84/aston-cirebon-hotel-convention-center
http://halomuda.com/wisata-kuliner-cirebon/
http://anekatempatwisata.com/10-tempat-wisata-di-cirebon-yang-wajib-dikunjungi/

0 Response to "MENGENAL LEBIH DEKAT KOTA CIREBON"