Latest News

Witri Prasetyo Aji

Witri Prasetyo Aji

ASUS X550ZE : PERFORMA MEWAH, HARGA RAMAH

ASUS X550ZE : PERFORMA MEWAH, HARGA RAMAH




Berbicarza tentang notebook dengan peforma tinggi, terutama yang nyaman digunakan untuk gaming serta grafis, pasti terbayang harga yang melambung tinggi. Tapi, semua itu bisa ditepi dengan kehadiran ASUS X550ZE. 


Sebelum saya membahas tentang ASUS X550ZE, teman-teman perlu tahu tentang ASUS terlebih dahulu. ASUS adalah Top 2 produsen notebook konsumen dunia dan penghasil motherboard terbaik di dunia. ASUS mendesain dan memproduksi berbagai jenis produk IT untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari, mulai dari notebook, tablet, PC desktop, server, perangkat jaringan, dan smartphone. Dimotivasi oleh inovasi dan berkomitmen pada kualitas, ASUS berhasil memenangkan 4.326 penghargaan di 2014. Saat ini ASUS memiliki lebih dari 16.000 orang karyawan di seluruh dunia, di mana 5.200 orang di antaranya adalah insinyur di tim R&D (riset dan pengembangan) yang berkelas dunia. ASUS sangat fokus untuk menyediakan produk yang berkualitas, dengan desain yang menarik. Di Indonesia, hingga akhir kuartal ketiga 2015, GfK melaporkan bahwa di bisnis Notebook di Indonesia, ASUS terus menunjukkan tren pertumbuhan yang positif dan tetap menempati posisi pertama yang kuat dengan market share sebesar 34,3 persen. Di industri tablet, menurut data IDC per kuartal kedua 2015, ASUS juga berhasil meraih posisi sebagai TOP 3 brand di Indonesia dengan tren penjualan yang terus meningkat. Di industri smartphone, pada kuartal kedua 2015, ASUS meraih posisi sebagai TOP 2 brand di Indonesia dengan 15 persen pasar. Hanya dalam waktu beberapa bulan saja, penjualan ASUS sudah separuh Samsung.




Dan setelah teman-teman tahu tentang ASUS, sekarang mari berkenalan dengan ASUS X550ZE. ASUS X550ZE adalah notebook dengan prosesor tertinggi dari AMD Kaveri dengan nama AMD FX 7600P yang mengusung kemampuan 12 core prosesor, yang terdiri dari empat core (quad core) dari CPU dan 8 core yang berasal dari GPU atau VGA. Sehingga, notebook ini memiliki kecepatan clock speed hingga mencapai 3,6 GHz saat Turbo Boost dinyalakan. Selain itu, guna memastikan akselerasi terbaik, sektor pengolah grafis turut disematkan fitur GPU Dual Graphic. Jadi, ASUS X550ZE tidak hanya nyaman untuk gaming, namun juga mampu menelan berbagai aplikasi-aplikasi berat seperti desain grafis, programming, desain objek 3D, sunting video, ilustrasi foto dan lain-lain tanpa harus khawatir notebook tersedak di tengah jalan. So, ASUS X550ZE ini memang notebook yang sengaja dirancang untuk gaming serta desain grafis. Wuih, doubel manfaatnya, kan?




Oh yaaa, ASUS X550ZE tidak hanya mengeluarkan seri AMD FX 7600P saja loh. Tapi ASUS X550ZE juga menawarkan prosesor AMD A10. Terdapat sedikit perbedaan dengan ASUS X550ZE prosesor AMD FX 7600P . Jika AMD FX 7600P mampu mendongkrak performa dengan sokongan 12 compute core yang berasal dari gabungan CPU dan GPU, maka varian AMD A10 hanya dibekali dengan 10 core, yakni 4 berasal dari CPU dan 6 sisanya dimiliki oleh GPU. Prosesor AMD A10 dibangun berbasiskan arsitektur Kaveri dengan kecepatan clock prosesor 2,5GHz tetapi dapat didongkrak hingga 3,4 GHz saat mode Turbo aktif. Sehingga performa terasa lebih kencang saat menjalankan berbagai aplikasi dan game. Dengan kartu grafis Radeon R7-M265DX yang mendukung Dual Graphic, tentunya sangat bermanfaat untuk meningkatkan performa notebook saat menjalankan pekerjaan yang membutuhkan pengolahan grafis yang intensif. Selain itu, AMD A10 juga memiliki APU powerful dan grafis yang cukup mumpuni sehingga mampu menjalankan berbagai kegiatan seperti sunting foto, video, desain grafis, browsing sembari melakukan tugas lainnya tanpa kesulitan berarti, serta tentu mampu melahap game-game 3D terbaru hingga pengaturan medium.


Itu baru saya bahas tentang performanya. Selain itu, ASUS X550ZE juga hadir dengan desain yang mewah dan elegan. Karena ASUS X550ZE menggunakan bodi berbahan plastik yang dirancang cukup apik sehingga seolah-olah mampu menampilkan kesan material berbahan logam. Selain itu, gaya desain cover pada ASUS X550ZE ber-finishing spin-line. Desain cover tersebut jika diperhatikan secara detail memiliki tekstur bulat (melingkar). Dimulai dari bulatan kecil di bagian tengah cover, kemudian terus menerus membesar hingga ke pinggiran bodi laptop hingga menyelimuti semua bagiannnya sehingga mengesankan unsur premium secara tampilan. So, hal itu membuat ASUS X550ZE tampak fokus untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan laptop berperforma memukau, dengan tampilan yang elegan untuk mencukupi kebutuhan komputasi di segala lini. Baik di lingkup pekerjaan kantor maupun di rumah, mulai web browsing hingga mengakses konten multimedia.


ASUS X550ZE juga dilengkapi fitur Instant On  yang memungkinkan penggunanya untuk mengaktifkan laptop hanya dalam waktu 2 detik dari kondisi standby. Fitur tersebut diprakarsai melalui kolaborasi AMD dan ASUS yang hadir notebook seri X ini. Selain itu, fitur Instant On pun memungkinkan notebook untuk secara otomatis menyimpan data-data ketika laptop telah berada dalam masa kritis atau low battery. Nantinya, file akan secara langsung tersimpan manakala indikator baterai telah menunjukan angka dibawah 5 persen.  Dan ASUS X550ZE juga mempunyai fitur lain yaitu sound speaker  yang dilengkapi dengan teknologi SonicMaster. Berbekal kemampuan itu, suara yang dikeluarkan oleh speaker ASUS X550ZE sangat jernih, kuat, padat dan tidak pecah. Sistem audio wizard yang terdiri dari enam mode setelan, yakni music mode, recording mode, movie mode, gaming mode, speech mode dan mode off, juga turut andil membuat laptop ini mampu mengeluarkan dentuman suara yang memikat telinga.



ASUS X550ZE juga dilengkapi dengan teknologi IceCool. IceCool membuat area palm rest (tempat menempatkan telapak tangan dibawah papan keyboard) tetap memiliki suhu yang normal  meski laptop digunakan dalam waktu yang lama.



Sementara area touchpad pun dibuat cukup luas yakni berukuran 104 mm x 76 mm. Melalui papan  yang luas itu, mekanisme smart gesture yang dirancang tidak  hanya satu saja melainkan hingga tiga jenis. Jadi, teman-teman dapat pula melakukan zoom in dengan mencubit area touchpad, atau menggeser dua jari ke arah berlawanan saat hendak melakukan zoom out. 



Untuk soal port dan konektivitas, ASUS X550ZE dilengkapi dengan port konektivitas yang cukup lengkap. Di bagian kiri, teman-teman bisa temukan lubang exhauts, analog VGA port, HDMI port, RJ45 Network port dengan model spoiled, 2 buah USB 3.0 port dan Combo Audio port. Adapun di sisi kanan hanya terdapat Optical Disk Drive (ODD) area dan sebuah tambahan USB 2.0 port dan juga port charger.



ASUS X550ZE juga ditanamkan fitur Splendid Technology. Fitur ini mampu meningkatkan kualitas gambar dengan mereproduksi warna menjadi lebih kaya. Sehingga pada akhirnya, ia sanggup meningkatkan kualitas pengalaman visual yang lebih menakjubkan untuk konten. Sertam fitur ini juga ditanamkan utilitas yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna, untuk memaksimalkan kualitas tampilan layar. Sejumlah utilitas itu antara lain, normal mode, theater mode, vivid mode dan manual mode.



Sementara untuk kapasitas RAM, ASUS X550ZE dibekali dengan RAM 4GB LPDDR3L 1600 MHz. Namun jika pengguna menginginkan performa untuk mendongkrak laptop ini menjadi lebih gahar, maka kapasitas RAM tersebut masih dapat ditambah (upgrade) hingga 16 GB.

Selain itu, soal layar, ASUS Z550ZE mempunyai tampilan layar yang besar. Yakni, 15.6” HD 16:9 (1366 x 768). Jadi, sangat nyaman dan cocok untuk gaming dan desain grafis.

Dan satu lagi yang membuat produk ASUS berbeda dengan produk lainnya. Yaitu soal garansi. Karena ASUS memberikan garansi selama 2 tahun full global warranty. Garansi ini meliputi biaya sevice sampai pergantian spare part yang bermasalah.


Berikut ini spesifikasi teknis ASUS Z550ZE


Main Spec.
X550ZE
CPU
AMDFX-7600P Quad-Core 2,7GHz  (Burst up to 3,6GHz)
AMD A10-7400P Quad-Core 2,5GHz  (Burst up to 3,4GHz)
Memory
LPDDR3L 1600 MHz SDRAM 4GB, upgradeable upto 16GB
Storage
1TB + 32GB Online Storage
Display
15.6” HD 16:9 (1366 x 768)
Graphics
AMD Radeon R7 M270DX (FX-7600P)
AMD Radeon R7 M265DX (A10-7400P)
Input/Output
2 x USB 3.0 port, 1 x USB 2.0 port, 1 x VGA port, 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x LAN RJ-45, 1 x HDMI, 1 x SD card
Camera
VGA Web Camera
Connectivity
WiFi 802.11b/g/n, Gigabit Ethernet, Bluetooth 4.0
Audio
ASUS SonicMaster, ICEpower
Weight 
2.26kg (with battery)
Dimension
38 x 25.1 x (2,51~3.10) cm
Colors
Black
Battery
4-cell 2950mAh Polymer Battery 44 Whrs, up to 184 minutes
MSRP
Rp7.649.000 / Rp6.949.000
Warranty
2 years full global warranty


Demikian sedikit perkenalan dengan ASUS X550ZE. Semoga bermanfaat.***













4 Responses to "ASUS X550ZE : PERFORMA MEWAH, HARGA RAMAH"

  1. Wiiiihhh setuju sekali sama isibya, mbak
    Semoga mbk.e lolos ya... amiiiin ya robbal alaminn ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Aku jadi pengen nich, leptop sudah saatnya ganti. Heheheh :)

      Delete
  2. hai mbaa...sukses untuk kontes blognya ya..eh ngemeng2 asli dari Kudus juga ? slm sukses selalu y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin
      Salam kenal yaa, Mbak
      Enggak Mbak, aku asli Boyolali ;))

      Delete