Latest News

Witri Prasetyo Aji

Witri Prasetyo Aji

MEMBACA MENGENALKAN KITA PADA DUNIA

MEMBACA MENGENALKAN KITA PADA DUNIA



Hmm, buat apa sich baca buku?
Nggak punya waktu buat baca buku!
Ogah ah, males...

Dan masih banyak banget segudang alasan buat malas baca buku. Padahal tuh yaaa, membaca buku itu banyak banget manfaatnya loh. Karena dari membaca buku, kita enggak sekedar dapat ilmu dan pengalaman, tapi kita juga bakal mengenal dunia ini lebih jauh lagi. Buat aku yaaa, orang yang malas baca buku itu adalah orang yang rugi. Kenapa? Karena hidupnya terlalu disia-siain buat enggak mengenal dunia. Padahal dunia itu indah banget. Dan satu lagi yaaa, membaca itu bikin kita jadi lebih smart loh. Karena dengan membaca, kita bakalan tambah pengalaman-pengalaman baru. So, kalau kita sedang ngumpul bareng teman, kita enggak bakalan kudet dech karena kita punya banyak wawasan dari membaca buku.

Buku karya Witri Prasetyo Aji


Kalau bilang enggak punya waktu... itu mah alasan yang paling konyol kalau menurut aku. Toh membaca buku itu enggak harus di perpustakaan kog, kita bisa baca di mana saja dan kapan saja. Contohnya nich, saat B-O-L pun kita juga bisa baca buku, terus menjelang mau tidur atau punya waktu senggang. Karena aku yakin, meskipun sebentar, setiap harinya itu orang pasti punya waktu senggang. Buat main gadget ajah punya waktu kenapa buat baca buku enggak punya waktu? Itu mah alasan orang males ajah.

Yaaa... kalau sudah alasan males sich apa boleh dikata. Wong sudah malas yaaa apapun alasannya tetep males gitu.

Antologi Witri Prasetyo Aji bersama para guru


Oke, sekarang aku mau berbagi tips nich buat temen-temen yang katanya enggak punya waktu buat baca buku. Tipsnya itu, gimana caranya agar kita mau baca buku.
1. Biasain dech, kasih waktu buat diri sendiri, minimal 10 menit ajah buat baca buku. Bisa di pagi hari atau menjelang tidur. Harus dan no excuse. Biasain seminggu dulu, gimana perbedaannya? Dari dulu yang seharipun enggak pernah baca buku dengan sekarang yang sudah mau baca buku. Bandingkan!
2. Hmm, buku yang dibaca enggak usah buku bantal dulu dech. Mulai ajah dari bacaan yang ringan kayak majalah atau novel. So pasti dech, bikin ketagihan.
3. Ikutan grub atau komunitas tentang buku. Gabung sama temen-temen yang suka membaca itu pasti kita bakalan ketularan pengen baca. Dan kalau enggak baca, pasti kita bakalan terlihat kudet alias enggak gaul.

Hmm... kayaknya 3 tips itu dulu aja dech. Coba dipraktikan dan rasakan hasilnya. Ciyeee... kayak promosi obat pelangsing ajah nich.

Oh yaaa, pasti temen-temen bakalan nanya, kog aku tuh provokatif banget yaaa soal baca buku. Emang manfaatnya apa ajah?

Dan seperti yang sudah aku jelasin di atas. Ini beberapa manfaat baca buku :
1. Membaca itu bikin kita jadi lebih smart
2. Memabaca itu membuat kita mengenal dunia
3. Membaca itu bikin kita terlihat lebih gaul karena enggak kudet
4. Membaca itu nambah ilmu dan pengalaman
5. Membaca itu membuat kita semakin percaya diri
6. Membaca itu membuat wawasan kita lebih luas, jadi pikiran enggak primitif
7. Membaca juga bikin kaya (kaya akan pengalaman kehidupan)
8. Membaca juga bisa bikin awet muda karena pemikiran yang luas, jadinya kita enggak sensitif alias enggak gampang emosian

Nah, banyak banget kan manfaat membaca. Dan masih banyak lagi loh manfaatnya.

Soal dari mana kita dapat buku bacaan, enggak harus beli buku tiap bulan kog. Kita bisa pinjam ke perpustakaan sekolah (buat yang masih sekolah) atau pinjam ke perpustakaan daerah. Kita bisa juga saling tukar koleksi sama tean. Apalagi kalau kita gabung sama komunitas pembaca buku, saling tukar koleksi buku akan semakin mudah dan buku yang akan kita baca pun semakin beragram pula.

Oh yaaa, kalau buat temen-temen cewek nich, aku punya rekomendasi penerbit buku khusus penerbitbuku perempuan. Yang pasti, isinya perempuan banget dan bakalan bikin kita jadi perempuan smart loh. Penerbit itu adalah Stieletto Book.

Stieletto Book ini adalah sebuah penerbit buku perempuan yang berada di Jogja. Stieletto Book ini juga ada komunitasnya loh, so buat kamu para perempuan, ayuk gabung sama StielettoBook. Gabungnya gratis kog.

Di Stieletto Book, kita juga bisa jadi member Stieletto loh temen-temen. Gabungnya gratis kog. Dan enaknya lagi tuh yaaa, kalau sudah jadi member terus kita belanja buku di Stieletto, kita bakalan dapat diskon loh. Apalagi Stieletto juga serin ngadain promo. Wuih, dijamin double nich untungnya.

Sekarang udah tahu giman atips biar mau baca buku, udah tahu juga manfaatnya baca buku, masih malas juga? Aduh rugi banget! Apalagi kalau perempuan, ruginya doubel tauk. Kenapa aku bilang gitu? Karena perempuan itu calon ibu, dan menurut aku jadi perempuan itu kudu smart. Bayangin ajah kalau kita para perempuan kurang smart, terus punya anak yang aktif dan suka nanya ini itu, tapi kita enggak bisa jawab? Aduh memalukan. Tapi coba kalau kita hobi baca buku, banyak wawasan, anak nanya mah kita bakalan gampang ngejawabnya.

So, buat kamu para perempuan, yuk biasakan membaca buku. Luangkan waktu membaca buku, setiap hari cukup 10 menit saja dan rasakan manfaatnya!


#HappyReading Sista :)



Nama : Wahyu Triyani
Twitter, IG, Path, Line : witri_nduz
Email : witinduz2@gmail.com

9 Responses to "MEMBACA MENGENALKAN KITA PADA DUNIA"

  1. dengan membaca kita akan semakin bijaksana...iqra' bismirabbikalladzi khalaq :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali...
      Pemikiran luas dan ilmu juga semakin bertambah... ;)

      Delete
  2. Mbak Fitri bukunya banyaaak, selamat membaca :)

    ReplyDelete
  3. Setuju banget ama pernyataan di atas

    ReplyDelete
  4. Selain baca buku, baca-baca blog juga banyak manfaatnya, Mba. Salah satunya saya pas habis baca postingan ini dan saya pun dapat info penting kalau membaca itu bikin awet muda. :D

    ReplyDelete
  5. Karena wahyu pertama yang diturunkan oleh Allah adalah, "iqra'" Bacalah. Jadi nggak ada alasan lagi buat nggak suka membaca :D

    ReplyDelete