Latest News

Witri Prasetyo Aji

Witri Prasetyo Aji

PERMAINAN MASA KECILKU

PERMAINAN MASA KECILKU




Bicara soal masa kecil, rasanya ingin pinjam  mesin waktu milik Doraemon dan kembali ke masa lalu. Ya, masa kecilku cukup sederhana dan tanpa gadget. Pulang sekolah, selalu main keluar rumah sampai sore, bahkan sampai dicari sama orang tua untuk disuruh mandi dan makan. Beda banget sama anak sekarang, pulang sekolah langsung nonton tivi atau main gadget. Bahkan sama tetanggapun tidak kenal. Hwaaa, pokoknya anak zaman sekarang mah beda banget yaaa sama anak generasi 90-an kayak saya. Hhehehe...

Okey, saya bakalan cerita atau sedikit mengenang soal permainan masa kecil saya yang bikin kangen. Bahkan, saya sempat minta dibeliin permainan ini sama suami (waktu itu masih pacaran). Permainannya adalah Monopoli. Wew, seneng banget kalau udah mainan ini dan menang, bahkan sampai dicatet loh utangnya si lawan main. Saya juga seneng main halma, nah ini sedikit mengasah otak yaaa, heheh. Ular tangga juga suka, seneng banget kalau pas dapat tangga, tapi sedih kalau dapat ular, kembali turun ke bawah soalnya.

Monopoli


Terus yaaa, saya kan anak cewek nich, saya demen banget main wong-wongan (orang-orangan) atau ada juga yang nyebut baju-bajunan. Itu loh, orang sama bajunya terbuat dari kertas. Suka juga pasaran alias pasar-pasaran. Pasaran ini mainannya kaya masak-masakan. Tapi yaaa, zaman masa kecil saya itu jarang banget  anak yang dibeliin mainan sama orang tuanya, jadinya yaaa mainannya pakai barang-barang bekas. Yang asyiknya lagi tuh, bikin bubur-buburan dari tanah, tempatnya pakai bathok (tempurung kelapa). Atau kalau enggak yaaa, adonan tanah yang dibuat itu dibikin bakwan-bakwanan, iyaaa adonan tanahnya dicampur irisan daun singkong, terus dicetakin kayak bahwan dan dijemur. Tapi kalau mau bikin roti-rotinan, adonan tanahnya dicampur sama adonan batu bata. Jadi gini buatnya, batu bata diparut terus dicampur air, jadinya kan merah tuh, lalu dicampur sama adonan tanah yang berwarna hitam, dicetakin dan dijemur biar kering, pura-puranya jadi roti gitu, hehehe. Enggak cukup di situ saja, suka bikin gula-gulaan jawa juga. Jadi adonan tanah dicetak ditempurung dan dikeringin, katanya gula jawa gitu. Hehehe. Hafal banget yaaa saya, kayak bagi resep saja.

Baju-bajunan
Sumber : Gambar Google


Bukan sekedar itu saja, saya juga penikmat permainan tradisional yang bisa dimainin bareng-bareng kayak engklek, di tempat saya ada engklek gunung sama engklek montor mabur (pesawat). Ada juga gobak sodor, benthik, jetungan atau betengan, lompat tali, ban mbledos (ban meletus), cublak-cublak suweng, dan lain sebagainya.

Engklek
Sumber : Gambar Google

Gobak Sodor
Sumber : Gambar Google

Benthik
Sumber : Gambar Google

Betengan
Sumber : Gambar Google

Lompat Tali
Sumber : Gambar Google

Cublak-Cublak Suweng
Sumber : Gambar Google


Sementara permainan yang biasanya dimainin durt tuh, saya suka mainan bekel (kan anak cewek). Suka main lumbungan (congkak atau dakon). Tapi mainannya enggak kayak anak sekarang loh, bisa beli di toko mainan, mainannya cukup buat garis kota-kotak di tanah dan pakai kerikil. 

Bola Bekel

Dakon


Hmm, seingat saya sich itu mainan-mainan favorit saya waktu masih kecil. Yaaa, meskipun masih banyak banget mainan tradisional yang menyenangkan dan mengajarkan kebersamaan bersama teman-teman. Iya, generasi 90-an itu generasi yang menyenangkan, beda banget sama generasi sekarang yang tahunya cuma gadget-gadget ajah. Yaaa, berharap banget kalau anak saya mau kenalan sama permainan Mamahnya tempo dulu. Semoga yaaa, nanti kalau saya kenalin ke anak saya, anak saya tertarik gitu. Aamiin.

Okeylah, cukup sekian cerita saya tentang permainan mas akecil saya yang sederhana dan tanpa gadget Kalau permainan masa kecil teman-teman kayak apa?


Tulisan ini diikutkan dalam Giveaway Permainan Masa Kecil yang diselenggarakan oleh Mama Calvin dan Bunda Salfa

10 Responses to "PERMAINAN MASA KECILKU"

  1. Main monopoli itu asyik ya.. Kita bisa berfikir step by step langkah2 atau strategi apa untuk melanjutkan permainan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget... bikin ketagihan... Heheheh :)

      Delete
  2. semua mbak! monopoli, gobag sodor, bentengan, benthik, bekel, gatheng dll dst dkk dsb deh! :-D

    ReplyDelete
  3. Benteng itu paling seru, mainnya ampe keringetan dan ngos2an :D

    ReplyDelete
  4. di kampung saya masih banyak yang bermain ini, jadi saya bisa bernostalgia :)

    ReplyDelete
  5. monopoli! fav saya banget sampai sekrang masih punya di rumah hehehe

    ReplyDelete
  6. Paling suka engklek, kalo kalah sruduk srudukan sama cewe lain. Hahahah

    ReplyDelete
  7. Bola bekelnya direndem pake minyak tanah, biar gueddeee

    ReplyDelete
  8. Wahh... saya suka congklak tuh mbak. :D

    Moga menang ya

    ReplyDelete
  9. Wong wongan tuh mainan favorit sejuta anak perempuan pada jamannya hihihi

    ReplyDelete