Latest News

Witri Prasetyo Aji

Witri Prasetyo Aji

KENAPA SAYA MEMBACA?

KENAPA SAYA MEMBACA?



Kenapa saya membaca? Pertanyaan yang sedikit aneh menurut saya. Karena tidak bisa dipungkiri, setiap orang itu setiap hari membaca. Mulai dari membaca SMS, koran sampai dengan membaca merk barang yang akan mereka beli. Bahkan, di jalan pun tanpa sadari kita juga sering membaca, membaca plang-plang di jalanan tentunya.

Tapi di sini, bukan itu yang saya maksud. Membaca di sini yang dimaksud adalah membaca buku. Iya, membaca buku yang kebanyakan orang enggan melsayakannya karena malas.


Harus kita sayai, tidak semua orang suka membaca (membaca buku). Mereka kebanyakan malas dan menganggap membaca buku itu adalah hobinya anak cupu saja. Dan itu bisa kita lihat, kebanyakan perpustakaan sekolah memang berisi anak-anak yang memakai kacamata tebal atau anak-anak dengan prestasi yang baik. Sangat jarang ditemui, anak gaul, anak eksis dan anak kekinian yang doyan membaca. Karena kebanyakan anak sekarang lebih suka main media sosial.

Nah, kembali ke topik, kenapa saya membaca? Ini fokus ke diri saya, kenapa saya membaca bahkan mengharuskan diri sendiri untuk membaca dan kalau bisa juga ingin mengajak kawan semuanya untuk membaca. Seperti yang pernah saya jabarkan di artikel Membaca Mengenalkan Kita Pada Dunia, membaca itu banyak sekali manfaatnya dan rasanya sangat rugi sekali jika saya tidak membaca. Saya adalah sosok yang haus akan ilmu, dan rasa haus itu bisa terobati dengan membaca. Dengan membaca, banyak pula ilmu dan pengalaman yang akan saya dapatkan. Mulai dari mengubah cara berpikir.

Tahukah kawan, dengan membaca maka pikiran kita akan semakin terbuka? Kita akan bertambah wawasan dan mampu memandang sesuatu dari segala sudut. Dengan membaca pula, pola pikir kita akan semakin luas. Jadi, sebenarnya salah besar kalau membaca itu hobinya anak cupu, karena menurut saya, membaca itu justeru hobinya anak gaul. Kenapa saya bilang demikian? Karena dengan membaca kita akan semakin banyak pengetahuan, jadi kalau ada yang ngajakin ngobrol kita enggak bakalan kudet, bukankah anak gaul itu yang tahu berbagai hal? Dan kalau mau tahu berbagai hal, yaaa membaca.

Nah, kalau gitu, buat kawan yang masih enggan membaca, yuk mari budayakan membaca. Tapi membacanya bukan sekedar membaca SMS atau status teman di media sosial loh yaaa, membaca yang saya maksud yaaa membaca buku, membaca blog gitu. Karena buku itu jendela dunia, hehehe. Begitu juga dengan blog, dari blog kita juga bakalan bertambah ilmu.

Memulai membiasakan diri sendiri untuk membaca, berlanjut menginspirasi kawan-kawan agar mau membaca juga. Kasih tahulah, apa manfaat membaca. Kan banyak banget tuh manfaat membaca. Bukan sekedar bertambah ilmu dan pengalaman, tapi membaca juga bikin awet muda. Kog bisa? Jelas bisa dong, karena rata-rata orang yang suka membaca itu pikirannya luas dan terbuka, serta jarang banget emosi. Nah, pikiran luas dan terbuka itu loh yang bikin awet muda. Coba kalau dikit-dikit emosi? Hmm, wajah langsung berkerut-kerut dech.

Okey, jadi kesimpulannya kenapa saya membaca? Saya pengen jadi anak gaul yang enggak kudet, saya pengen punya pikiran yang luas dan terbuka biar awet muda, serta yang paling penting nich, saya pengen mengenal dunia. Karena bagi saya, hidup saya bakalan rugi bertubi-tubi kalau saya enggak kenal sama dunia yang indah ini.

Nah, itu adalah alasan kenapa saya membaca? Saya juga ingin mengajak kawan-kawan membaca. Kalau alasan kawan-kawan membaca, apa? Yuk bagi ceritanya? Boleh share linknya di kolom komentar yaaa, kawan.


#HappyBlogging

9 Responses to "KENAPA SAYA MEMBACA?"

  1. Nice tapi bagi kebanyakan orang yang tidak terlalu menyukai membaca, lalu hal apa yang mestinya mereka perbuat kaa? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengharuskan pada diri sendiri, setidaknya memberi waktu sepuluh menit perhari untuk membaca, praktekkan seminggu dan biar dirasakan perbedaannya... ;)

      Delete
  2. Berarti aku termasuk anak gaul keknya mba Witri, hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Anak gaul itu hobinya baca...

      Delete
  3. Aq suka membaca karena itu adalah perintah Allah..iqro'! Bacalah..

    ReplyDelete
  4. aku sih bacanya karena pengen banyak tau, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm. Keponha tingkat tinggi yaa Teh.. hehe..
      Ayuk ikutan giveawaynya Teh..

      Delete
  5. Setuju mbak. Dengan membaca banyak hal yang bisa kita dapat yang tadinya kita nga tau jadi ngerti dan haus untuk lebih kepengen tau lagi hehehe. Terima kasih yach mbak sudah ikutan GA Taman Baca Pesisir.

    ReplyDelete