Latest News

Witri Prasetyo Aji

Witri Prasetyo Aji

BERWIRAUSAHA : MENJADI BOS UNTUK DIRI SENDIRI

BERWIRAUSAHA : MENJADI BOS UNTUK DIRI SENDIRI



BERWIRAUSAHA : MENJADI BOS UNTUK DIRI SENDIRI. Bicara soal wirausaha, saya adalah sosok yang lahir dan besar dalam keluarga yang mencari nafkah dengan berwirausaha. Mulai dari nenek saya yang sedari muda sudah berjualan nasi dan bubur hingga usianya senja dan anak-anaknya sudah melarangnya berjualan. Lantas ibu saya, sewaktu saya kecil sempat mempunyai warung kelontong di rumah, meski akhirnya gulung tikar lantaran banyak yang menghutang saat belanja dan sempat kehabisan modal.

Tapi tak berhenti di situ, babe saya juga seorang wirausahawan. Beliau berdagang sapi dan Alhamdullilah, pekerjaan yang satu ini sangat membantu sekali perekonomian keluarga. Bahkan, untung yang didapat juga tak tanggung-tanggung, meski terkadang ruginya juga besar. Ah, yang namanya dagang atau wirausaha, itu pasti ada untung ruginya.

Sementara saya sendiri, sampai saat ini belum mampu berwirausaha. Sementara keinginan untuk membangun usaha itu, tetap ada dan Insha Allah tengah dalam proses. Karena jujur saja, berwirausaha dan menjadi karyawan itu sungguh sesuatu yang berbeda. Sekecil usaha apapun yang dimiliki, kita bisa jadi bos (minimal bos untuk diri sendiri), sementara menjadi karyawan? Mau punya pangkat seberapa tinggi yang namanya karyawan ya tetap karyawan, kita bekerja untuk orang lain serta terikat.

Membangun usaha memang bukan suatu hal yang mudah, butuh waktu dan juga pikiran ekstra untuk membangun usaha. Dan biasanya, di awal-awal kita membuka usaha itu yang menjadi kendalanya, tapi jika kita tetap bertahan, Insha Allah tidak ada yang sia-sia.

Berwirausaha, menjadi bos untuk diri sendiri, bekerja untuk diri sendiri, tidak terikat waktu namun juga harus berkomitmen. Sementara menjadi karyawan?

Sumber gambar : GOOGLE


Berikut saya jabarkan, perbedaan menjadi usahawan dengan menjadi karyawan :

Perbedaan
Wirausaha
Karyawan
Modal
Milik sendiri
Tidak harus punya modal, yang penting punya skill dan ijazah
Pekerjaan
Bekerja untuk diri sendiri dan tidak ada tekanan
Bekerja untuk orang lain dan di bawah tekanan
Waktu
Tidak terikat
Terikat
Penghasilan
Tetap dan sebulan sekali
Tidak menentu dan setiap hari

Dari perbedaan tersebut, bisa disimpulkan mejadi seorang wirausahawan itu lebih fleksibel. Secara, bekerja tidak di bawah tekanan dan bekerja untuk diri sendiri, soal penghasilan juga bisa didapat setiap hari.

Selain itu, ada beberapa keuntungan menjadi wirausahawan :
1.      Modal bisa berkembang
2.      Pengetahuan berkembang
3.      Bisa dikerjakan sesuai jadwal yang kita buat sendiri
4.      Membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain

Dan buat seorang isteri sekaligus seorang mamah seperti saya, menjadi wirausahawan adalah pilihan yang cocok. Secara, dengan berwirausaha saya mampu berpenghasilan tanpa meninggalkan anak.

Dan jika saya memang diberi kesempatan untuk berwirausaha, usaha yang akan saya jalankan adalah penerbitan buku indie dan berjualan seputar fashion seperti baju, sepatu dan asesories. Alasannya cukup simpel, buku dan penerbitan adalah passion saya, sementara usaha fashion itu tidak ada matinya dan Insha Allah setiap orang membutuhkannya.


Nah, di atas adalah sedikit saya seputar wirausaha. Berwirausaha atau membuka usaha, bukan sekedar menjadi bos untuk diri sendiri, tapi juga bisa jadi membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.



“Tulisan ini diikutkan dalam Giveaway Semua Tentang Wirausaha yang diselenggarakan oleh Suzie Icus dan Siswa Wirausaha

6 Responses to "BERWIRAUSAHA : MENJADI BOS UNTUK DIRI SENDIRI"

  1. zaman internet bisa berdagang sambil kerja yang lain ya mbak. eh tapi juga harus fokus sih, kalo nggak malah nggak maju semuanya.

    semoga tercapai cita-citanya mbak Witri.

    ReplyDelete
  2. Hallo, terima kasih sdh ikut GA tentang wirausaha ya kak. Sukses selalu

    ReplyDelete
  3. yuk.. mari wirausaha..
    makasih ya mb udah ikut GA nya
    bener banget tuh wirausaha cocok untuk mamah2 kayak kita :)

    ReplyDelete
  4. Nggak kebalik tuh bagian penghasilan?

    ReplyDelete