Latest News

Witri Prasetyo Aji

Witri Prasetyo Aji

MENGENAL APA ITU, DA, PA DAN ALEXA RANK

MENGENAL APA ITU, DA, PA DAN ALEXA RANK

MENGENAL APA ITU, DA, PA DAN ALEXA RANK. Dalam dunia blogger, pasti kita akan ditanya berapa DA, PA dan Alexa Ranknya. Biasanya, ini bagi patokan DA, PA, dan Alexa Rank digunakan saat kita melamar job review atau content placement. Namun, ada beberapa blogger yang biasanya belum kenal apa itu DA, PA dan Alexa Rank (sebagai newbie, saya juga belum lama mengenalnya).

Okelah, sekarang mari kita bahas satu persatu tentang apa itu DA, PA dan Alexa Rank...

1. DA (Domain Authority)

Domain Authority adalah ukuran kekuatan sebuah nama domain dan merupakan salah satu dari banyak faktor peringkat mesin pencari. Biasanya, DA ditentukan oleh usia domain, popularitas dan ukuran.


Cara menaikkan Domain Authority :
1. Memastikan Tehnik SEO dengan benar
Mengoptimalkan SEO On-Page memang harus dilakukan agar situs bisa bekerja dengan baik untuk meraih peringkat yang baik di mesin pencari, kita bisa mengoptimalkan robots.txt atau memetakan struktur URL dll. Dengan tehnik SEO yang benar adalah inti dari upaya perbaikan nilai DA.

Moz menjelaskan, untuk meningkatkan DA, kita perlu untuk meningkatkan SEO secara keseluruhan, dan itu termasuk semua rincian yang SEO tahu dan cintai – struktur situs, Navigasi yang mudah, breadcrumbs, struktur URL, meta tag, tag header, jumlah kata, kata kunci, tag alt, dll. SEO dan konten marketing membutuhkan satu sama lain. Keduanya benar-benar berjalan secara bersamaan.

2. Sosial Media
Social media seperti Twitter, Google+, Linkedin dan Facebook dan social media lain merupakan tempat yang gratis untuk membagikan artikel dan menaruh link menuju situs kita, selain sebagai tempat untuk membagi artikel, social media merupakan tempat untuk mendapatkan trafik selain dari mesin pencari.

Google juga mengupdate algoritma mereka untuk peringkat situs pada otoritas media sosial. Jika jangkauan sosial website kita sangat populer, maka otoritas situs pasti akan naik secara bertahap, yang akan mempengaruhi peringkat situs kita di posisi mesin pencari. Di mana media sosial menurut studi kasus ini jelas menunjukkan pentingnya media sosial untuk meningkatkan Domain Authority situs dan popularitas situs. Jadi, kita sangat harus untuk melakukan share artikel Anda ke berbagai media social agar nilai DA anda meningkat.

Soal yang ini, saya selalu share postingan di Facebook, Twitter, Instagram, terkadang juga di Line, Linkdin, dan Whatsapp maupun BBM.

3. Mengembangkan Link Internal
Internal linking adalah menjalin jaringan yang kuat dalam situs  yang menguntungkan baik pengguna dan mesin pencari yang menjelajah dan mengindeks situs. Sebuah situs yang tidak memiliki internal link merupakan situs yang buruk dan lemah dalam SEO. Tapi sebuah situs yang memiliki link internal yang kuat akan menjadikan situs  menjadi situs yang mempunyai SEO yang tangguh.

Hal yang penting tentang memiliki banyak konten adalah bahwa kita akan memiliki lebih banyak konten untuk dihubungkan. Dan semakin banyak link internal yang sudah kita buat, maka situs kita akan memiliki kemampuan yang lebih besar untuk membuat jaringan situs yang padat dan kuat.

4. Menghapus Backlink Spam
Kita harus menghapus backlink buruk. Sesekali, kita harus menggali ke dalam profil link kita, menemukan link spam, dan menyingkirkan link-link tersebut.

Kita akan mendapatkan keuntungan kompetitif yang besar dengan teratur membersihkan profil link kita. Ini adalah satu-satunya cara kita akan memiliki link profil rapi – membersihkannya secara teratur. Kita dapat membangun backlink yang benar-benar bagus. Tetapi jika profil kita penuh backlink spam, kita tidak akan mengalami keberhasilan yang Anda inginkan dari pemasaran konten. DA kita akan tetap rendah.

5. Usia Domain
Karena usia domain menjadi penentu pertama, itu artinya kita harus sudah punya domain jauh lebih lama. Jika kita menggunakan top level domain, maka harus bersabar untuk waktu yang lama agar nilai DA-nya tinggi. Namun jika kita menggunakan blogspot, worpress, blogdetik dan lainnya, maka DA-nya tak bisa dinaikkan lagi.

7. Ukuran atau Jumlah Postingan
Untuk mengukur sebuah situs hal pertama yang diperhatikan adalah jumlah postingan yang dimiliki. Jumlah di sini bukan hanya soal nilai tapi manfaat dari postingan tersebut. Semakin banyak postingan yang dimiliki dan bermanfaat buat pembaca, itu artinya semakin banyak pula link yang diciptakan, dan Google sangat menyukai situs yang demikian.



2. Page Authority

Page Authority atau Otoritas Halaman adalah penggambaran untuk ranking sebuah situs atau blog dilihat dari page atau halamannya. PA juga merupakan istilah SEO yang peranannya jauh lebih penting dari DA. Karena PA tidak terlepas dari keunggulan menggunakan teknik SEO masing-masing pemilik situs atau blog.


Cara Meningkatkan Page Authority :
1. Situs Berisi Konten Asli
Selama bertahun-tahun, Google telah berusaha untuk menyingkirkan situs yang kurang user-friendly. Pekerjaan berat ini telah membuat Google terus meningkatkan peringkat situs dengan konten yang segar dan dapat diterapkan untuk browser.

Olehnya, Google sangat menyangi situs yang berisi konten asli dengan kata kunci yang relevan. Dengan begitu, mau tidak mau, situs kita akan kebanjiran pengunjung karena peringkat di mata search engine juga bertambah.

Tapi hal yang apa yang harus dilakukan agar sebuah situs dikatakan memiliki konten asli. Banyak yang mengatakan bahwa konten adalah raja. Walau tidak sepenuhnya benar, namun search engine sekarang memang cenderung memberikan peringkat situs yang lebih tinggi dengan konten yang memiliki kriteria sebagai berikut :
- Konten berisi informasi baru dan menarik
- Situs atau blog yang sering diperbarui
- Kata kunci yang rinci, relevan dan bermanfaat, serta
- Berkualitas dan menyenangkan untuk dibaca.

2. Memiliki Backlink Berkualitas
Memiliki banyak backlink yang berkualitas memang bukan perkara mudah. Namun jika situs kita berisi informasi yang besar dan asli, dengan sendirinya halaman kita akan menarik banyak peselancar dunia maya berkunjung. Dengan begitu kemungkinan besar untuk mendapatkan link balik akan datang.

Banyak orang-orang akan menjadikan blog atau situs kita sebagai refensi jika mempunyai konten yang asli. Dengan begitu, kemungkinan besar mereka akan melakukan link balik ke halaman yang dituju. Jika ini berhasil, maka lalu lintas situs kita juga akan meningkat.

Selain link dari situs lain, hal yang tak kalah pentingnya pula ada internal link. Usahakan setiap membuat postingan, ada dua atau tiga link yang dibuat untuk postingan lain di blog kita. Hal ini sekaligus membuat pengunjung berlama-lama di blog Anda.

3. Gambar dan Video
Teks bukanlah satu-satunya faktor penting dalam SEO. Dengan kemampuan mesin pencari yang semakin baik, gambar, grafik dan video juga tak kalah pentingnya dalam sebuah postingan.

Olehnya itu, ada baiknya setiap kali membuat postingan untuk menyertakan gambar atau grafis yang telah dioptimasi dengan SEO. Caranya dengan menyertakan teks ALT deskriptif sehingga gambar ini dapat ditemukan di search engine.

Jika kita punya kemampuan lebih membuat video, alangkah lebih baiknya lagi. Ini karena untuk membuat video belum bisa dilakukan oleh banyak orang, sehingga daya saing untuk mendapat perhatian mesin pencari masih kecil. Video yang kita buat bisa dipasang di Youtube dan menautkannya dengan postingan.



3. Alexa Rank


Alexa Rank adalah sebuah situs yang beralamat di www.alexa.com yang menyediakan fasilitas informasi tentang rangking/peringkat suatu situs, yang didasarkan pada jumlah trafik pengunjung yang masuk ke situs tersebut. Yang mana semakin besar trafficnya maka semakin tinggi peringkat dari situs tersebut dan juga sebaliknya semakin kecil traffiknya maka semakin rendah lah peringkat dari situs tersebut, hal ini sangatlah perlu diketahui oleh seorang blogger yang memang ingin menjadikan situsnya sebagai lahan bisnis.


Cara meningkatkan Alexa Rank :
1. Update Blog
Perbarui blog dengan meng-update artikel di blog dengan secara teratur, minimal 1 artikel sehari itu bisa meningkatkan alexa rank blog.

2. Berpromosi
Promosikan arikel blog  juga bisa membantu meningkatkan alexa rank blog. Karena dengan berpromosi, otomatis trafik blog  akan meningkat dan alexa rank blog pun akan menurun. Kita bisa mempromosikannya artikel blog  di social media, seperti Facebook, Twitter, maupun Google+. Bisa juga melalui forum-forum seperti Kaskus, Detik Forum, Kompas Forum dan sebagainya. Dan bisa juga dengan maupun men-submitnya ke social bookmarking terpopuler, atau bisa juga dengan memasang iklan di blog yang bertrafik tinggi.

3. Mencari Backlink
Mencari dan mendapatkan backlink untuk blog  juga bisa meningkatkan alexa rank blog kita. Semakin banyak tautan yang menuju blog kamu (backlink), kemungkinan juga akan meningkatkan kepopuleritasan blog  di mata Alexa.com. Untuk mencari dan mendapatkan backlink untuk blog , kita bisa berkomentar di blog blogger lainnya menggunakan opsi Name/Url, Bisa juga lewat forum dan social bookmarking.

4. Memasang Alexa Toolbar
Dengan memasang alexa toolbar di browser (PC), dan terus menggunakan pada blog  juga bisa merubah alexa rank blog. Karena alexa toolbar ini ketika digunakan, sama saja meminta Alexabot untuk segera memperbarui rank blog tersebut (ping).

5. Blogwalking
Konon katanya, dengan blogwalking juga bisa melangsingkan alexa rank

Referensi :


3 Responses to "MENGENAL APA ITU, DA, PA DAN ALEXA RANK"

  1. Waah mba. Ini bermanfaat banget buat aku yang newbi... aku save yah. Kapan2 kalo ada yg kurang paham boleh tanya kan?

    ReplyDelete
  2. Makasih infox mb wete,banyak yg br aq tau dr artikelmu..

    ReplyDelete