Latest News

Witri Prasetyo Aji

Witri Prasetyo Aji

SABANG : PARIWISATA YANG WAJIB DIKUNJUNGI DI ACEH

SABANG :  PARIWISATA YANG WAJIB DIKUNJUNGI DI ACEH


SABANG : PARIWISATA YANG WAJIB DIKUNJUNGI DI ACEH. Berwisata? Siapa yang enggak mau? Saya yang aslinya memang suka traveling alias berwisata, memang doyan banget kalau diajak bicara soal wisata. Seperti kemarin, saat sedang santai dan ngobrol sama suami, wuih saking asyiknya sampai agak sedikit berdebat gitulah.

“Mah, kalau liburan nanti mau ke mana?” Tanya Ayah yang saya sendiri enggak tahu, iseng atau memang mau ngajak saya jalan.

“Ke mana ya, Yah?” Jawab saya balas bertanya—dengan muka bingung.

“Gimana kalau ke Jogja?” Ayah mengusulkan.

“Jogja?” Tanya saya sedikit kaget dan mata melotot.

“Kenapa, enggak mau?”

“Jogja terlalu dekat, Yah.” Aneh aja menurut saya kalau liburan hanya ke Jogja, secara saya Cuma orang Boyolali. Boyolali-Jogja Cuma 2 jam-an. Enggak harus menunggu liburan, weekend pun bisa ke Jogja.

“Hmm, bagaimana kalau ke Bali?” Ayah kembali mengusulkan.

Sejenak saya terdiam dan berfikir. “Bali terlalu romantis, Yah. Kalau kita jalan berdua mah oke, tapi ini kita bakalan ajak Arjuna. Lagian Mamah pengen ke tempat yang agak berbeda dan agak jauh,” jawab saya panjang lebar.

Saya yang kala itu juga sedang megangin smartphone, iseng buka-buka Mbah Google dan mencari info seputar tempat wisata yang oke. Hmm, untuk liburan musim panas, saya pengen banget datang ke pantai. Dan...

“Gimana kalau kita ke Sabang, Yah?” Tanya saya ke suami dan membuat suami terkaget-kaget.

“Sabang?”

Saya tersenyum dan mengangguk.

“Apa yang menarik dari Sabang, Mah?” Tanya Ayah dengan sedikit ‘lemas’.

Okelah. Saya akan mulai berpresentasi di depan suami tercinta. Indonesia itu indah. dari ujung barat sampai ujung timur. Dan menurut saya, tiada salahnya kalau memulai wisata dari ujung barat Indonesia.

Jogja, Bali, Bandung ataupun Bromo itu menurut saya sudah biasa. Tapi kalau Sabang?

Pulau yang pernah terkena musibah tsunami ini sebenarnya menyajikan keindahan yang luar biasa. Rasanya, sangat sayang jika melewatkan Sabang-Aceh sebagai kota tujuan wisata. Apalagi jika menyangkut wisata bahari, Sabang-Aceh menyajikan keindahan luar biasa yang tak bisa kita temui di kota lain.

1.       Pantai Iboih
Iboih merupakan sebuah desa yang berada di Kecamatan Sukakarya, Sabang. Di Iboih ini terdapat dua pantai yaitu Pantai Teupin Layeu dan Pantai Teupin Sirkui namun para wisatawan lebih senang menyebutnya dengan Pantai Iboih. Pantai Teupin Layeu ini merupakan pantai dengan pasir putih sedangkan Pantai Teupin Sirkui merupakan pantai berkarang.



Sejauh mata memandang, kita akan dimanjakan dengan hamparan pasir dan laut biru. Di Iboih, kita juga akan dimanjakan dengan pesona pantai dan keindahan bawah lautnya.

Di Iboih ini terkenal dengan  kawasan wisata pantai yang terkenal dengan kegiatan olahraga air, seperti berenang, diving dan snorkeling sambil menikmati keanekaragaman terumbu karang, ikan dan ikan karang (ikan malaikat, surgeon fish, ikan kakaktua dan berbagai laut lainnya jenis ikan) yang jarang ditemukan di beberapa taman laut di tempat lain, seperti napoleon wrasse. Daerah wisata bahari Iboih didukung dengan sarana dan prasarana juga hutan wisata yang sangat indah dengan keragaman dan kekayaan flora dan fauna.

2.       Pantai Gapang
Pantai Gapang ini terletak tidak terlalu jauh dari Pantai Iboih, so jika ke Pantai Iboih tanpa ke Pantai Gapang, rasanya terlalu sayang. Di Pantai Gapang, pasirnya juga putih dan airnya juga jernih.

Selain pemandangan pasir putih dan air yang jerbih, di Pantai Gapang kita akan  disuguhi dengan semilir angin dari pantai dan teduhnya pepohonan di pinggir pantai.



Hampir sama dengan Pantai Iboih, di Pantai Gapang kita juga bisa menikmati pemandangan bawah laut. Kita bisa berenang, snorkeling, diving, jet ski, ski air, power boat, selancar angin dan memancing di bawah laut.

Selain itu, kita juga bisa melihat berbagai macam biola laut, seperti ikan, bintang laut dan terumbu karang.


3.      Pantai Paradiso

Pemandangan Pantai Paradiso ini menembus ke arah Pulau Rondo dan hamparan luas ke Samudera Hindia laut lepas, tapi biasanya orang-orang lebih suka menunggu dan menikmati sunset di sore hari. So, kalau ke Pantai Paradiso lebih direkomendasikan kalau sore hari supaya bisa menikmati sunset sembari menikmati angin sepoi-sepoi di Pantai Paradiso.


4.      Pantai Tapak Gajah



Pantai Tapak Gajah ini mungkin adalah pantai yang belum terekspos, jadi pantai ini masih agak sepi. Bagi mereka penikmat ketenangan, Pantai Tapak Gajah bisa menjadi rekomendasi.
Pantai Tapak Gajah ini terletak di belakang Mushalla Jurong KeramatGampong le Meulee.tidak jauh dari Pantai Tapak Gajah, konon ada Benteng Peninggalan Jepang.


5.      Pantai Nipah, Pulo Aceh

Garis pantai di Pulau Nipah ini berbentuk melengkung dengan taburan pasir putih yang indah.  Pasirnya lembut dan airnya juga sangat jernih. Namun, di Pantai Nipah ini masih agak sepi.


6.      Tugu KM “0”
Berkunjung ke Sabang belum harus mengunjungi Tugu Titik Nol Kilometer Indonesia yang berjarak sekitar 30 km dari Kota Sabang. Tugu Titik Nol Kilometer Indonesia ini merupakan penanda geografis terjauh ujung barat Indonesia yang juga menjadi objek wisata. Kalau belum ke Tugu Titik Nol Kilometer, berasa ada yang kurang.



Lokasi Tugu Nol Kilometer ini terletak di areal Hutan Wisata Sabang tepatnya di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kecamatan Sukakarya, sekitar 5 km dari Pantai Iboih.  Letaknya di sebelah barat kota Sabang sekitar 29 kilometer atau memakan waktu sekitar 40 menit berkendara.

Itu baru sebagian wisata baharinya, sebenarnya di Sabang-Aceh masih ada destinasi wisata bahari seperti Atraksi Alam Lumba-Lumba, Atraksi Alam Ikan Pari, Pantai Pasir Putih Lhung Angen, Danau Aneuk Laot, Air Terjun Pria Laot, Air Panas Gunung Merapi Jaboi, Air Panas Keineukei. Dan wisata-wisata bahari itu juga tidak kalah menarik loh dengan yang sedikit saya jelaskan di atas.

“Nah, Yah. Gimana? Masih ragu mau berwisata ke Aceh?” Tanya saya ke suami setelah mulut lelah menjelaskan 6 tempat wisata bahari yang berada di Sabang-Aceh.

“Enggak, Mah. Ayah mah malah pengen banget ke Pantai Nipah, Pulo Aceh.”

“Lah kenapa Pantai Nipah, enggak Pantai Gapang atau Pantai Paradise?”

“Kan Pantai Nipah masih sepi, Mah. Kita bisa bulan madu lagi. Hehehe.” Suami mulai genit dan menggoda.

Saa hanya bisa tersenyum. Berwisata ke Sabang-Aceh? Why not?


#HappyTraveling

Pariwisata Aceh




Referensi artikel dan foto :










4 Responses to "SABANG : PARIWISATA YANG WAJIB DIKUNJUNGI DI ACEH"

  1. Keren banget emang ya potensi wisatanya sabang ini👍😄

    ReplyDelete
  2. Hi Witri, salam kenal sebelumnya yaa! :)
    Btw keren-keren semua pantainya disana hihi.

    ReplyDelete
  3. sabang ya, itu cantik banget sih pantai-pantainya, kapan bisa trip kesana? :|

    ReplyDelete