Latest News

Witri Prasetyo Aji

Witri Prasetyo Aji

SEGENGGAM ZENFONE 3 YANG MENYIMPAN KENANGAN BERSAMA #KULINERNUSANTARA


SEGENGGAM ZENFONE 3 YANG MENYIMPAN KENANGAN BERSAMA #KULINERNUSANTARA

SEGENGGAM ZENFONE 3 YANG MENYIMPAN KENANGAN BERSAMA #KULINERNUSANTARA. Haloha, siapa yang suka selfie? Saya langsung angkat tangan. Siapa yang suka motret pemandangan? Angkat tangan lagi. Siapa yang suka motret makanan sampai dibilang lebay sama temannya? Hahaha, pertanyaan yang memang menyindir saya.

Iya sih, saya pernah dibilang lebay sama rekan kantor gegara dibeliin es krim tapi enggak langsung saya makan, melainkan saya motret berkali-kali dari berbagai sudut sampai es krimnya mencair. (eh, mencair... apa kabar fee yang belum mencair... #intermezo).


Etapi yah, meskipun dibilang lebay, saya mah kagak kapok buat motret makanan. Bodo amat sih, saya kan ndableg dan kalau enggak merugikan orang lain, kenapa dipikirin. LOL...

Nah, kegemaran saya motret ini ternyata malah menjadi ‘sesuatu’ yang identik banget sama saya. Bahkan Pak Wendi malah bertanya-tanya saat saya enggak semangat motret, enggak semangat selfie. Katanya sih kayak bukan saya.

Dan buat nambah semangat saya buat motret sekaligus sebagai penunjang aktivitas ngeblog saya, bulan Februari yang penuh cinta kemarin saya enggak dikasih cokelat sama Pak Wendi, melainkan di kasih................. Zenfone 3 (maafkeun yah kalau postingan ini mengandung pamer).

Dapat Zenfone 3 dari Pak Wendi? Seneng bukan kepalang dong, apalagi saya memang sudah mupeng bin iri sama teman-teman blogher yang dapat Zenfone 3 secara Cuma-Cuma kemarin. Dan tahu enggak sih, karena saya pakai Zenfone 3, salah satu rekan saya langsung kepincut juga, katanya pengen punya saya. Wkwkwkwk... Padahal saya bukan brand ambasadornya Asus, udah ada yang pengen saja... Asus, kapan saya ditarik jadi brand ambasadormu? LOL (*harapan yang terlalu tinggi!)

Sedikit cerita dulu yah, kenapa sih kok saya kepengen banget Zenfone 3, kenapa enggak minta dibeliin smartphone merk X, Y, Z? Kenapa oh kenapa? 

Sebelum saya ngobrol sama Pak Wendi hingga akhirnya Pak Wendi ngasih surprise ke saya sebuah Zenfone 3 ini, saya sudah ngobrol duluan sama Mas Ditya Pandu pemilik tuxlin blog yang hobinya gonta-ganti gadget tapi kapan ganti ceweknya? *ehhh. Saya ngobrol tanya seputar Zenfone 3 karena memang dari awal sudah punya rencana mau beli smartphone tapi dalam tahap mengumpulkan duit, enggak tahunya malah dapat gratis dari suami tercinta. *tsahhhh

Jadi, menurut Mas Ditya ini, Zenfone 3 ini adalah smartphone yang mempunyai kamera terbaik untuk harga 4-5 jutaan. Untuk harga 4 jutaan, kamera Zenfone 3 ini memang enggak bisa diragukan lagi. Tahu kan kalau jargonnya ajah #builtforphotography, so buat foto-foto mah memang jagonya. Enggak kalah sama DSLR. Apalagi Zenfone 3 ini dilengkapi dengan PixelMaster Camera



PixelMaster Camera adalah tekhnologi kamera yang dibuat oleh ASUS dan dikembangkan secara unik yang menggabungkan software, hardware, dan desain optik untuk memberikan kualitas gambar yang luar biasa.

PixelMaster Camera ini mempunyai fitur-fitur utama, yaitu :
- Mengoptimalkan foto melalui mode Auto, yang otomatis menetapkan pengaturan kamera vis-a-vis pencahayaan dan lingkungan.
- Tembak seperti pro! Dengan Manual, Resolusi Super, HDR, atau Depth of modus lapangan, kita dapat menangkap hidup, foto yang indah dengan mudah seperti pro!
- Jadilah terang. Menangkap momen berharga bahkan di tempat remang-remang melalui Low Cahaya atau Modus malam yang menyesuaikan pencahayaan latar belakang untuk saat gambar-sempurna.
- Memiliki beberapa efek animasi atau filter kreatif untuk foto atau video melalui GIF Animation, Miniature, Effects, atau mode Selang Waktu.
- Widen jangkauan. Merangkum semua bahwa keindahan dan pemandangan melalui Panorama, PanoSphere, atau mode Selfie Panorama.
- Menangkap cantik dan sempurna foto. Menangkap foto indah-ditingkatkan menggunakan Keindahan, Selfie, Waktu Rewind, atau Semua modus Smiles. Menggunakan Smart Hapus untuk menghapus rincian yang tidak diinginkan dari kenang-kenangan gambar-sempurna kita.
- Jauhkan kamera bergulir! Buat cerita kita sendiri melalui video dengan High Speed ​​Video dan Lambat mode Gerak Video.



Dan untuk Zenfone 3, Zenfone 3 ini dilengkapi dengan PixelMaster Camera 3.0 yang disediakan denga fitur manual mode untuk mendapatkan hasil terbaik sesuai keinginan pengguna. Pada Manual mode, ada opsi untuk mengatur white balance, EV, ISO, Speed Shutter.  

Yang saya suka dari Zenfone 3 ini, kamera ASUS Zenfone 3 bukan hanya dilengkapi dengan PixelMaster Camera 3.0 saja, melainkan dilengkapi juga dengan sensor Sony IMX 298. Sensor Sony ini dapat meningkatkan kemampuan kamera dalam memgambil foto dan video. Selain Sony IMX 298, ASUS juga menyematkan teknologi OIS (Optical Image Stabilization) dan EIS (Electronic Image Stabilization) pada Zenfone 3.


Selain itu, kamera ASUS Zenfone 3 yang memiliki resolusi 16 MP ini juga memiliki aperture sebesar f/2.0. Dilengkapi dengan 6 element Largan lens, kombinasi keduanya akan menjadikan kamera Zenfone 3 mempunyai kemampuan yang superior, termasuk saat mengambil foto dalam kondisi pencahayaan kurang (low light).

Satu lagi yang menarik dari Zenfone 3 ini, yaitu Zenfone 3 juga dilengkapi dengan Laser auto-focus. Laser auto-focus adalah teknologi laser yang digunakan oleh smartphone untuk mendapatkan bidikan yang cepat terhadap suatu objek. Fitur laser auto-focus ini akan sangat membantu pengguna saat mengabadikan momen berharga yang hanya berlangsung dalam sekejap, sehingga tidak kehilangan momen menarik. Laser auto-focus ini memiliki kecepatan 0.03 detik sehingga tidak akan melewatkan momen sesingkat apapun. Kelebihan lainnya adalah, pada versi ini, jarak obyek yang bisa didapat dengan cepat mencapai 3x lebih jauh.


Zenfone 3 juga dilengkapi dengan fitur phase detection auto-focus dan continuous auto-focus. Ketiga teknologi auto-focus tersebut membentuk teknologi yang disebut sebagai TriTech Auto-focus sehingga membuat ZenFone 3 disebut-sebut sebagai smartphone yang designed for photography.

Pada Phase Detection Auto-focus, kamera menggunakan sensor untuk mendeteksi kontras dari cahaya yang masuk ke lensa. Mendeteksi kontras dilakukan dengan cara membelokkan cahaya dari lensa menggunakan cermin menuju dua buah sensor autofokus (bukan sensor foto).

Adapun Continuous Autofocus menggunakan laser auto-focus untuk tetap secara realtime melakukan focus terhadap objek yang ada di depan. Continuous auto-focus ini akan akan membantu pengguna untuk mengambil gambar obyek yang sedang bergerak.

Sensor pada ZenFone 3 akan mendeteksi perbedaan fase cahaya yang masuk, saat mereka belum berimpit maka lensa akan terus digerakkan. Saat fase cahaya sudah berimpit (yang artinya gambar sudah fokus), maka sensor fokus akan memerintahkan kamera untuk menghentikan gerakan lensa dan mengunci fokus.

`_`

Nah loh, setelah tahu kelebihan-kelebihan yang diusung oleh Zenfone 3, saya mah jadi rajin motret. Dari selfie, motret setiap aktivitas anak, motret pemandangan sampai dengan motret makanan. 

Awalnya, saya sih ya Cuma motret asal jepret saja. Tapi lama-lama? Berasa rugi sama hasilnya. Sampai dinyinyirin sama adek saya, “Smartphone bagus tapi enggak bisa motret gambar yang bagus!?” Duh, mak jleb banget kan?

Sejak kejadian itu, akhirnya saya lebih sering motret dengan berbagai sudut. Motret apapun tentunya. Memaksimalkan fitur-fitur yang ada pada kamera ASUS Zenfone 3.

Dan, saya motretnya juga kagak pakai milih-milih loh. Seperti contoh motret pemandangan, mau pagi, sore, siang, cerah, mendung, itu mah hayuk ajak. Pun saat motret makanan. Enggak kudu motret makanan yang mahal, makanan keseharianpun yah saya potret. Bahkan, hampir setiap saya makan loh saya motretnya. Agak lebay yah, tapi ya memang begitulah. Hahahaha...

Ada beberapa makanan yang saya potret, hmm kali ini makanan yang saya potret adalah ragam #kulinernusantara. Jadi, memang makanan asli Indonesia, yah.

1. #kulinernusantara yang wajib dicicipi saat ke Boyolali
Boyolali kota susu, oleh-oleh khas Boyolali identik sekali dengan marning dan makanan olahan dengan bahan baku susu seperti dodol susu. Etapi #kulinernusantara yang mau saya bahas kali ini bukan marning ataupun dodol susu, melainkan makanan yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Boyolali. 

Kenapa saya bisa bilang wajib? Soalnya, ke Boyolali belum lengkap kalau belum mencicipi kuliner ini. 

a. Soto Seger Hj. Fatimah
Siapa yang tidak kenal Soto Seger Mbok Giyem? Soto Seger Mbok Giyem ini sekarang sudah berubah nama menjadi Soto Seger Hj. Fatimah. Sotonya memang benar-benar seger dan mempunyai cita rasa yang berbeda. Meskipun di Boyolali banyak yang berjualan soto, tapi kok ya masih belum bisa mengalahkan larisnya Soto Seger Hj. Fatimah ini.





b. Bakso dan soto Malang Pak Slamet
Bakso Malang? Loh, ini kan di Boyolali, kenapa namanya Bakso Malang? Ya memang itu sih namanya.



Bakso Malang ini tidak kalah laris dan melegendaris seperti Soto Seger Hj. Fatimah. Kenyal dagingnya, pangsitnya, selalu memberi cita rasa tersendiri.

2. #crunchymolenkress, #kulinernusantara Solo Raya yang menggugah selera
Molen. Hayooo, siapa yang kagak doyan molen? Kalau saya mah jangan ditanya, saya tuh doyan banget sama molen apalagi #crunchymolenkress yang beneran kres kress dan disajikan dengan rasa yang berbeda-beda.





Kalau biasanya molen itu identik dengan isi pisang, #crunchymolenkress ini enggak loh. isinya ada rasa nanas, strawberry, pisang cokelat, ketan ireng, kacang ijo, cokelat bahkan keju. Lengkap banget, kan?



#crunchymolenkress ini adalah salah satu #kulinernusantara dari kota Solo. Outletnya ada di mana-mana. Dari Solo, Sragen, Boyolali dan Salatiga sudah ada dan sebentar lagi juga bakalan buka outlet di area Ungaran dan Semarang (ditunggu saja, yah?).



3. Selalu ada #kulinernusantara di sekitar kita
#kulinernusantara di sekitar kita? Apa saja? Banyak! Iya banyak, bahkan makanan yang kita makan sehari-hari juga masuk kategori #kulinernusantara asli dari Indonesia. Etapi beda ceritanya kalau sarapannya sandwich terus makan malamnya steak loh ya?

Ngomongin #kulinernusantara yang ada di sekitar kita, saya punya nih beberapa koleksi jajajan #kulinernusantara yang saya dapat di area tempat kerja saya.
a. Gado-gado
Gado-gado yang satu ini berbedaaa. Kantor saya biasanya membelinya buat makan siang. Gado-gado Bu Sulis ini terletak di timur Pasar Ampel, kiosnya memang kecil tapi selalu rame. Cukup makan seporsi saja, sudah dijamin kenyang.




b. Penyetan dan petai.
Jangan ditanya betapa sukanya saya sama #kulinernusantara yang satu ini. Hmm, etapi kalau yang satu ini enggak saya beli di dekat kantor loh yah, saya beli di Special Sambal yang sudah bertebaran di Boyolali maupun Solo Raya. Harganya yang murah seolah menjadi nilai plus tersendiri.


c. Nasi jangung
Nasi jagung, nasi jagung iwak peyek... Siapa yang belum pernah makan nasi jagung?


Hmm... kalau saya mah lumayan doyan tapi enggak doyan banget sih. Hehehe... Biasanya, saya beli nasi jagung ini di warung depan kantor. Cukup 3 ribu saja sudah dapat sebungkus nasi jangung komplit dengan lauknya. Murah, kan?


Nah, di atas hanya beberapa contoh #kulinernusantara yang saya abadikan dalam segenggam Zenfone 3 yang saya miliki. Padahal saya memilikinya baru sekitar sebulanan, sudah banyak banget foto yang saya simpan dalam segenggam Zenfone 3 ini. Bisa dibayangkan, bakalan ada berapa banyak foto lagi yah seiring berjalannya waktu.

Bdw, bukan Cuma #kulinernusantara di atas saja loh yang saya simpan. Saya masih menyimpan beberapa foto lagi. Seperti foto risoles, onde-onde, cilok,  dan bakpao seperti di bawah ini :






Sedikit keterangan, risolesnya ini isi mie yah, saya belinya di Ibu Kantin tempat saya kerja. kalau onde-ondenya dan bakpao beli dari bapak-bapak penjual keliling. Sementara cilok atau di tempat saya sering disebut siomay ini belinya di Abang Cilok setiap sore, hmm di kantor juga banyak yang jual. 

Daaannnn.... itulah beberapa #kulinernusantara yang sebulan ini sudah terekam di segenggam Zenfone 3 saya, bagaimana dengan Anda? Mana #kulinernusantaramu!


Artikel ini diikutsertakan pada Blogging Competition Jepret Kuliner Nusantara dengan Smartphone yang diselenggarakan oleh Gandjel Rel.


Referensi dan gambar :
http://www.pricebook.co.id/article/market_issue/2016/12/14/5515/teknologi-kamera-asus-zenfone-3-ze552kl-sensor-sony-tritech-auto-focus-pixelmaster
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.asus.camera&hl=in 

52 Responses to "SEGENGGAM ZENFONE 3 YANG MENYIMPAN KENANGAN BERSAMA #KULINERNUSANTARA"

  1. Mbaaa..jajanmu buanyaaak yaaa.. Mbok kapan-kapan aku diajak..wkwkwk.. Betewe aku pinjem hp ASUS nya Mba Ety.. Bagus banget hasilnya. Aku jadi mupeng. Semoga bisa termiliki deh ASUSnya.. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo jajan sama aku, Mak... jajan selat genti yah... aku kepooo

      Delete
  2. Ah bikin giler aja nih. Yuk kapan2 hunting kuliner bareng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk kapan, diagendakan saja Mas... cuzzz :)

      Delete
  3. Fotonya keren-keren maaaak..
    Aku pengeeen zenfoneeeee 3....aaargh.



    Aku klo mudik..pasti mampir Soto hj.Fatimah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mudik lagi kabari Mak, nanti makan soto bareng :)

      Delete
  4. Enaknya, jajan terus.
    Pengin molen crunchy nih.
    Zenfone 3 emang favorit ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo beli Mak... solo bertebaran tuh :)

      Delete
  5. Nyiler mkananya ya ngiler Asusnya.
    Haduhhhh mba Witt

    ReplyDelete
  6. Mbaa, jadi pengen molennya deh :)

    ReplyDelete
  7. Lapeeerrrrrrrrr liat foto2nyaaaa mba witri..

    ReplyDelete
  8. Ternyata Boyolali punya banyak kuliner enak ya... jarang jelajah kuliner boyolali

    ReplyDelete
  9. Haduh, Mak. Sotonya bikin ngiler. Segeerr ... 😄

    ReplyDelete
  10. Makanannya jadi keliatan endes banget difoto pake Zenfone *ngiler*

    ReplyDelete
  11. Menunya bikin ngilerrr semua

    ReplyDelete
  12. Waaaaa, banyak bangeet jajanannyaaaa

    ReplyDelete
  13. Ciyeeee yg dapat hadiah kece dari mas e, makin disayang2 nih, hihii

    Witri jajan banyak tapi tetep aja langsing *envy

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiap hari jajan loh Mbak, tapi ya tetep 36 kg... duh... PR dari Pak Suami, nambahin berat badan... hahaha

      Delete
  14. Aku pengen cilok ama nasi jagungnyaaaaa ���� duh kangen sego jagung + gudangan + sambel korek

    ReplyDelete
  15. Motretnya pake zenfone..makanannya jadi kliatan tambah enak y

    ReplyDelete
  16. MAK Witri, itu molennya beli dimana? Sering ke Solo tapi malah belum tahu ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solo banyak Mbak, di Teras Indomeart biasanya... ceki-ceki IG-nya ajah.. @crunchymolenkress

      Delete
  17. Sejenak singgah d boyolali,mampirnya k angkringan pinggir jalan dkt pertigaan menuju kawasan pemda. Urapnya ngangeni,...heran jg sih d angkringan jual macem2 masakan...

    ReplyDelete
  18. Sejenak singgah d boyolali,mampirnya k angkringan pinggir jalan dkt pertigaan menuju kawasan pemda. Urapnya ngangeni,...heran jg sih d angkringan jual macem2 masakan...

    ReplyDelete
  19. Maaaaak aku salah fokus liat cat kuku pinky itu hahaha
    Btw fotonya kece2 bingit ah. Asli bikin ngiler semua dah

    ReplyDelete
  20. Maaaaak aku salah fokus liat cat kuku pinky itu hahaha
    Btw fotonya kece2 bingit ah. Asli bikin ngiler semua dah

    ReplyDelete
  21. Wuah makanannya bikin ngiler semua, terutama molennyaaaaa

    ReplyDelete
  22. Sip sip sip marai pengen makan makan makan

    ReplyDelete
  23. Salah bewe ini...
    Bikim lapaaaarrrr
    Aku krg suka nasi jagung, pdhal yo enak

    ReplyDelete
  24. Kuliner boyolali gurih2 yaaa. Jd mau coba ke sana buat wisata

    ReplyDelete
  25. molen aku suka...apa lagi isi keju...

    ReplyDelete
  26. mantap tuch,, apalagi pict molennya jadi bener2 menggiurkan hehehheh,, mau juga dunk dikasih surprise sama suami, jadi bikin iri hahahahahah

    ReplyDelete
  27. banyak banget nih yang di foto bikin ngiler aja pengen nyobain juga. Kalau saya diajak gini juga mau

    ReplyDelete
  28. dari tadi aku lihatin Zenfone dan foto makanan. Mau keduanya!

    ReplyDelete
  29. Foto makanan2nya cakep2. Hehehe aku jg sering mau makan jepret dulu, suka diliatin tapi cuek ajaaaa :D

    ReplyDelete
  30. Yang jual bakso kok pelit amat sih, Mbak? Pentolnya cuma tiga. Saya mah nggak cukup kalo cuma makan bakso pentol tiga begitu, dijamin kurang. Hahaha. Btw, makanan khas Boyolali itu apa sih? Kalau dilihat-lihat semua makanan di atas juga ada di daerah lain di Jawa. Nah, yang khas Boyolali apa sih selain susu dan lele? :)

    ReplyDelete
  31. wahhh itu hasil jepretannya keren banget mba, hahaha. hp asus memang kameranya bagus sih hehehe

    ReplyDelete
  32. mantap bikin laper semua nih makanan. .

    ReplyDelete
  33. Makanannya enak2....bikin laparrrr

    ReplyDelete